n

Air kelapa lebih baik dari sport drink
Air kelapa yang berasal dari kelapa hijau muda merupakan minuman yang kaya potasium dan antioksidan. Para ahli gizi mengatakan, minuman ini lebih baik dibandingkan dengan sport drink.

Jika dibandingkan dengan minuman bersoda atau bahkan sport drink, air kelapa relatif lebih rendah kalori dan juga gula. Air kelapa juga menjadi sumber potasium, mengandung sedikit sodium, magnesium, kalsium, dan juga fosfor.

Kendati demikian, untuk menghilangkan dahaga, tetap disarankan untuk mengonsumsi air putih. "Sumber terbaik untuk hidrasi tubuh tetaplah air. Sedangkan air kelapa merupakan minuman alternatif," kata Allison Massey, ahli gizi terdaftar seperti dikutip Live Science.

Penelitian menunjukkan, dalam 355 ml air kelapa, terkandung potasium yang lebih tinggi dibanding pada pisang. Air kelapa juga memiliki potasium yang lebih banyak dibanding sport drink seperti Gatorede atau Powerade.

Potasium dibutuhkan untuk mencegah kram otot yang terkadang muncul setelah olahraga. Air kelapa juga cocok untuk menghidrasi tubuh setelah kita melakukan olahraga tertentu.

"Itu tergantung pada individu, intensitas dan juga durasi olahraganya. Tapi secara umum, jika olahraganya kurang dari 60 menit, air adalah sumber terbaik untuk hidrasi," kata Massey.

Sementara itu olahraga berat yang menghasilkan banyak keringat, sport drink mungkin lebih baik ketimbang air kelapa karena lebih efektif untuk mengganti elektrolit yang hilang. Kandungan sodium dalam air kelapa hanya 400 mg/liter, sedang pada sport drink ada 600 mg/liter mineral.

Walau tidak mengandung gula, tetapi kadar kalori dalam air kelapa kemasan cukup tinggi, yakni 40 kalori per 251 ml. Memang dibanding dengan minuman bersoda yang tinggi kalori dan gula, air kelapa lebih baik. Tapi, sebaiknya hanya konsumsi air kelapa sesekali.


Sumber

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.