n

Sejak ribuan tahun lalu, gunung sudah menjadi lokasi yang dikeramatkan oleh manusia. Berkat ketinggiannya, puncak gunung selalu diidentikkan dengan gerbang langit atau surga. Gunung selalu muncul dalam berbagai mitologi. Sebut saja Gunung Olympus yang dianggap sebagai rumah para dewa dalam mitologi Yunani, atau Gunung Atlas yang dipersonifikasikan sebagai titan Atlas.

Setiap negara pasti memiliki gunung yang dikeramatkan. Beberapa di antaranya berkaitan dengan kebudayaan suku tradisional yang bermukim di sekitarnya. Dan beberapa lagi ditakuti karena misteri yang meliputinya. Berikut ini adalah 6 di antara banyak sekali gunung yang dianggap sakral di seluruh dunia, seperti dikutip dari Web Ecoist dan Matador Network.

1.Gunung Kailash, Tibet

Gunung Kailash di Tibet
Gunung Kailash, di Tibet / Photo by Wikimedia Commons/ Jan Reurink

Kailash adalah gunung yang terletak di wilayah Tibet. Gunung Kailash memiliki tinggi 6.638 meter, menjadikannya gunung tertinggi di dunia yang tak pernah didaki. Gunung ini berkaitan erat dengan empat kepercayaan besar di Asia Selatan, yaitu Buddha, Hindu, Jainisme, dan Bonpo. Oleh pemeluk agama Hindu, Gunung Kailash dipercaya sebagai tempat tinggal Siwa, dewa terkuat dalam mitologi Hindu. Gunung Kailash juga merupakan sumber air utama bagi sungai-sungai besar yang mengalir di Tibet, Nepal, dan India.

Selama ribuan tahun gunung ini telah didatangi oleh para pemeluk agama untuk melakukan berbagai ritual. Kebiasaan ini masih berlanjut sampai sekarang. Setiap tahunnya pemeluk agama-agama melakukan perjalanan dan aktivitas di kaki gunung Kailash.Tetapi tak ada yang pernah mendaki puncaknya. Semua aktivitas religius itu dilakukan di kaki Gunung Kailash. Mendaki gunung Kailash dianggap tabu, mengganggu kesakralan area gunung. Tetapi mengitari area kaki gunung sejauh puluhan kilometer dianggap mampu menghapus dosa seumur hidup.

2.Gunung Taranaki, Selandia Baru

Gunung Taranaki di Selandia Baru
Gunung Taranaki, Selandia Baru / Photo by australian.culturextourism.com

Taranaki yang juga dikenal sebagai Gunung Egmont adalah gunung berapi paling terkenal di Selandia Baru. Gunung setinggi 2.518 meter ini terletak di pesisir barat Pulau Utara, Selandia Baru. Taranaki terakhir aktif pada pertengahan abad 19. Gunung ini merupakan bagian penting dalam mitologi Suku Maori, suku tradisional di Selandia Baru. Dan karenanya menjadi lokasi yang sangat disakralkan bagi warga suku Maori.

Pada kenyataannya gunung ini memang berperan penting bagi kelangsungan hidup suku Maori. Aliran air yang bersumber dari mata air di Gunung Taranaki diperlukan untuk mengairi sawah dan ladang. Dan karena suku Maori bermukim di kaki gunung, erupsi vulkanik Taranaki akan mengancam jiwa mereka.


3.Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji di Jepang
Gunung Fuji, di Jepang / Photo by Shutterstock/skyearth

Meskipun gunung Fuji relatif lebih muda jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Jepang, baru berumur sekitar 25.000 tahun tetapi gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jepang. Puncaknya diselimuti salju dianggap sakral dan memiliki kekuatan gaib sejak berabad-abad lalu. Puncak Gunung Fuji berkaitan erat dengan mitologi Jepang, dianggap sebagai sebagai kediaman dewa api dan dewi pepohonan dalam kepercayaan Shinto. Sementara para pemeluk agama Buddha percaya kalau gunung ini adalah kediaman Dainichi Nyorai, Buddha Segala Kebijaksanaan Yang Bercahaya.

Saking sakralnya, orang biasa sempat dilarang mendaki gunung tersebut, terutama wanita. Larangan ini berlangsung selama beberapa abad sampai tiba era restorasi Meiji. Hanya para samurai saja yang biasa melakukan pelatihan rahasia di area kakai gunung Fuji, tepatnya di dekat daerah yang sekarang bernama kota Gotemba. Pendakian pertama di puncak gunung ini tercatat dilakukan oleh seorang biksu tak dikenal pada tahun 663 kalender Jepang, atau sekitar abad 12-13.


4.Gunung Agung, Bali

Gunung Agung di Bali - Indonesia
Gunung Agung, Bali / Photo by Wikimedia Commons/Schnobby 

Gunung Agung yang terletak di Pulau Bali merupakan gunung tertinggi di pulau dewata tersebut. Letaknya di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Gunung berapi aktif ini memiliki kawah yang luas dan sangat dalam. Sesekali kawah tersebut mengeluarkan uap panas. Menurut Wikipedia, para pemeluk kepercayaan Hindu Bali meyakini kalau Gunung Agung adalah tempat berdirinya istana yang dihuni para dewa, layaknya Gunung Olympus dalam mitologi Yunani. Karena itulah warga Bali menganggap gunung tersebut sebagai tempat keramat yang harus dijaga kesakralannya. Tak jarang di Bali diadakan upacara persembahan untuk menghormati Gunung Agung.

Kepercayaan tradisional Bali juga meyakini Gunung Agung sebagai pusat alam semesta. Pura Agung Besakih, pura terbesar yang dianggap paling suci di Bali berlokasi di sini.


5.Gunung Salak, Indonesia

Gunung Salak di Bogor - Indonesia
Gunung Salak, Indonesia / Photo by Wikimapia.org/Okhara

Gunung Salak merupakan daerah pegunungan yang terdiri dari rangkaian gunung berapi di Pulau Jawa. Letaknya berada di selatan Jakarta. Secara administratif area Gunung Salak termasuk wilayah Sukabumi dan Bogor. Sejak tahun 2003 area lingkungan pegunungan ini dijadikan kawasan konservasi bernama Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Gunung ini dianggap sebagai salah satu gunung paling keramat dan misterius di Indonesia. Gunung ini dianggap 'gunung maut' oleh kalangan penerbangan, dan karenanya sebisa mungkin harus dihindari. Kondisi geografis Gunung Salak yang dipenuhi lembah dengan hutan lebat dan cuaca di daerah tersebut yang seringkali tidak menentu (kadang diselimuti kabut tebal) seringkali menimbulkan masalah dalam kelancaran penerbangan. Bahkan karena banyaknya pesawat terbang yang jatuh di area Gunung Salak, Gunung Halimun, dan Gunung Gede, area di ketiga gunung tersebut disebut Segitiga Bermuda Indonesia.


6.Gunung Everest, Nepal

Gunung Everest di Nepal
Gunung Everest, Nepal / Photo by Prakash Methema

Gunung dengan puncak tertinggi di dunia ini merupakan bagian dari pegunungan Himalaya. Wilayahnya sendiri termasuk area Tibet dan Nepal. Orang-orang Tibet menyebut Gunung Everest sebagai Ibu Alam Semesta. Sementara orang Nepal menyebutnya Dewi Langit. Etnis Sherpa yang merupakan suku tradisional dan minoritas di Nepal menganggap Everest sebagai gunung keramat. Sebelum melakukan pendakian ke Everest, warga suku Sherpa harus melaksanakan ritual tertentu.

Selain itu ada saja pendaki yang kehilangan nyawa di Gunung Everest ini. Setidaknya ada 200 kasus kematian yang terjadi di area gunung Everest, menambah kesan misterius di gunung ini.

Itulah bebrapa gunung yang menuai status paling keramat di berbagai negara.


Sumber

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.