n

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol. Tak semua kolesterol kita anggap musuh. Ada high density lipoprotein (HDL), jenis kolesterol yang justru bermanfaat bagi tubuh karena bekerja membersihkan dan melancarkan aliran darah.

Sedangkan yang harus kita perangi adalah low density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat yang dapat memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak.

Peningkatan kadar kolesterol jahat tersebut juga bisa terjadi akibat peningkatan trigliserida, salah satu lemak dalam darah yang bisa merusak arteri.

Memerangi kolesterol jahat bisa dengan melakukan tes darah secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang tepat dan sehat. Mengkonsumsi makanan yang tepat dan sehat  bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, seperti dikutip Huffington Post.

Jumlah kolesterol dalam darah yang melebihi 200 menjadi momok bagi setiap orang di masa tua. Padahal, pengidap kolesterol tinggi tidak hanya orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas saja, dalam usia muda pun juga bisa terkena penyakit akibat kolestrol.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang berolahraga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan memicu perkembangan berbagai penyakit. Seperti jantung, diabetes dan juga hipertensi.

Menurut American Heart Association (AHA), kadar kolesterol dalam darah bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Lalu, seperti apa makanan sehat yang dimaksud?

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh maka sebaiknya secara berkala kita dapat melakukan tes pemeriksaan kadar kolesterol darah dimana dengan pemeriksaan ini akan memberikan data perkiraan kadar kolesterol yang beredar dalam sirkulasi darah sehingga kita dapat melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, penyakit stroke dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol seseorang :

1. Gandum

Kaya serat yang mudah dicerna tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang terserap tubuh dari usus.

2. Ikan salmon

Ikan salmon kaya asam lemak omega 3, yang berperan menurunkan tekanan darah, menekan risiko pembekuan darah dan menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Selain itu ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Kacang-kacangan (Kedelai, buncis, kacang merah, dll)

Sumber serat larut yang sangat tinggi dan dapat membuat jantung menjadi sehat karena kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak yang sehat) dan molekul asam lemak terendah yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

4. Minyak zaitun

Mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu meningkatkan kadar kolesterol yang baik dan menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik.

Baca juga : Buah Zaitun, Warisan Al Quran yang dilupakan Umat Islam

5. Apel

Artinya, konsumsi sebuah apel sehari dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

6. Strowberi

Strowberi kaya akan kandungan pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

7. Cokelat

Cokelat kaya antioksidan dan mengandung zat-zat pengurang kolesterol, misalnya flavanoid. Cokelat ternyata sehat. Hindari cokelat yang mengandung susu terlalu banyak.

8. Teh

Teh mengandung antioksidan yang bisa membuat pembuluh darah menjadi merasa lancar sehingga terhindar dari pembekuan darah. Selain itu teh juga mengandung  phytocemical yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Baca juga : Mengapa kita harus minum teh hijau

9. Bayam

Sayuran yang terbuat dari bayam mengandung lutein yang banyak. Lutein berfungsi untuk menjaga kesehatan, menjaga kesehatan jantung serta ketajaman fungsi mata.

Baca juga : Bayam, Makanan Sehat Tapi Berbahaya

10. Bawang putih

Beberapa khasiat bawang putih bermanfaat untuk menghindari pembekuan darah, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah yang tinggi dan melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu bawang putih juga bisa mencegah partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

11. Margarin

Margarin bisa menurunkan kadar kolesterol. Misalnya margarin yang terbuat dari minyak biji bunga kanola.

Itulah beberapa jenis makanan untuk menurunkan kolesterol yang dapat Anda konsumsi agar kolesterol Anda selalu tetap terjaga. Semoga bermanfaat.


Sumber: http://obatherbal-murah.com/makanan-menurunkan-kolesterol-cepat/
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.