n

Ayan Qureshi, Spesialis IT Termuda di Dunia
Ayan Qureshi, Bocah berumur 5 tahun ini mendadak terkenal di dunia. Ia menjadi spesialis komputer termuda di dunia usai lulus ujian dari Microsoft Windows khususnya di program Supporting Windows 8.1. Ia mengikuti ujian bersama deretan orang dewasa lainnya yang mengikuti tes serupa.

Ujian tes yang diadakan Microsoft biasanya mencakup beberapa sesi. Mulai dari pilihan berganda, isian, tes drag and drop dan beberapa pertanyaan berbasis scenario software. Lalu kemudian ada tes hardware, software dan pemahaman bagaimana Windows bekerja.

Tes ini memang kerap digelar bagi mereka yang berprofesi sebagai IT spesialis. Dan ia berhasil menyingkirkan mereka semua hanya dalam waktu dua jam. Rekor termuda ini juga berhasil mengalahkan catatan sebelumnya yang dimiliki Mehroz Yawar, bocah berusia enam tahun asal Pakistan.

Ayan memang mulai akrab mengutak-atik software komputer sejak masih berumur tiga tahun. Ayahnya lah, yang juga bekerja sebagai konsultan IT, berkontribusi dan memperkenalkan software computer dengan membangun laboratorium computer mini dalam rumahnya di Coventry.

“ Kami sangat bangga dengan apa yang dilakukannya. Dia berencana mau ikut tes yang lebih tinggi lagi. Tapi sekarang dia harus konsentrasi di sekolahnya dulu,” katanya ayahnya, Mr Qureshi.

Ayahnya mengakui kalau Ayan sangat tertarik di dunia komputer sejak berumur tiga tahun. Itulah yang memotivasinya untuk memberi pelajaran tentang hardware dan software serta instalasi program.

“Apapun pelajaran yang kuberikan kepadanya, ia langsung mengingatnya. Jadi saya langsung membangun laboratorium mini untuknya. Dan dia benar-benar menyukainya,” tambahnya.

Seperti anak kebanyakan, Ayan juga sangat menyukai game komputer. Namun ia lebih tertarik bagaimana cara program itu bekerja dibanding hanya menikmati permainannya saja.


Sumber | Tribunnews

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.